Friday, June 21, 2013

Khasiat Buah Nanas | Manfaat Buah Nanas

buah nanas
Bagi anda yang gemar makan rujak pasti kenal akrab dengan buah ini. Buah yang memiliki permukaan yang kasar, agak berduri dan memiliki mahkota ini memiliki harga yang terjangkau. Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus.
Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah didomestikasi disana sebelum masa Colombus. Buah nanas memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indinesia. Buah nanas banyak diperjual-belikan di pasar-pasar tradisional sampai pasar swalayan modern. Buah nanas bukanlah buah sejati melainkan sekumpulan buah yang bergabung menjadi satu tongkol buah sehingga membentuk buah besar. Di Indonesia Provinsi Lampung merupakan penghasil nanas utama dan  terdapat pabrik pengolahan nanas. Disamping harganya murah ternyata tidak banyak yang mengetahui bahwa nanas memiliki segudang manfaat.

Berikut Khasiat dan manfaat buah nanas ;

1. Mengurangi stres

Sari buah nanas mengandung Serotin yang berguna untuk mencegah kanker dan mengurangi stres. Jika dikonsumsi secara rutin selama beberapa minggu kandungan vitamin C dalam buah nanas bisa mengurangi stres dan menurunkan kolesterol.

2. Mengatasi ketombe

½ buah nanas dikupas cuci bersih kemudian diparut dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan tersebut dengan air perasan satu jeruk nipis adduk hingga rata. Gunakan air campuran tersebut untuk membasuh kulit kepala pada saat sebelum tidur kemudian keramas dikeesokan harinya.

3. Mengurangi lemak perut

buah nanas kaya akan kandungan enzim bromelain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Enzim ini berfungsi mencerna protein dan dipercaya dapat mengecilkan ukuran lingkar pinggang anda.

4. Mengangkat sel kulit mati

Buah dan daun nanas bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri.

5. Radang tenggorokon

Sediakan 2 buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, kemudian parut atau dibuat jus. Peras airnya. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.

6. Mengeluarkan racun

Asam Aspartic merupakan salah satu jenis asam dalam buah nanas yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

7. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas sangat cocok dikonsumsi pada orang yang sedang menjalani masa diet dalam menurunkan berat badan. Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci sampai bersih. Potong seperlunya, lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Agar air sari nanas diperoleh secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air nanas sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin inilah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas.

9. Mengatasi influenza

Penyakit musiman seperti influenza kadang menyerang siapa saja dan tak kenal waktu. Padahal dilingkungan sekitar tidak ada satupun yang mengidap penyakit ini. Hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh menurun. Buah nanas dipercaya dapat meningkatkan sistem imun sehingga mampu mengatasi penyakit influenza.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah nanas. Misalnya, tidak dianjurkan untuk ibu hamil muda karena berpotensi merusak kandungan. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi buah nanas yaa dan rasakan sendiri manfaatnya !!!

Artikel Terkait