Monday, June 24, 2013

Khasiat buah kelengkeng | Manfaat buah kelengkeng

buah kelengkeng
Coba tebak ? buah apa yang bentuknya bulat  dan ukurannya kecil. Itulah kelengkeng. Lengkeng sudah sangat dikenal dan cukup disukai masyarakat Indonesia. Tinggi pohon lengkeng bisa mencapai 10 meter atau lebih. Buahnya yang berwarna cokelat kekuningan dan kasar ini disebut euphoria longana. Rasa buah ini enak, manis, dan menyegarkan. Karena rasanya itu, buah yang kecil ini bisa membuat orang ketagihan. Tak heran banyak orang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut dan dikonsumsi sebagai cemilan saat ngobrol atau menonton televisi.
Buah dengan nama ilmiah Dimocarpus logan berbentuk bulat kecil yang berawal dari daratan China ini merupakan keluarga buah rambutan dan leci. Dalam bahasa Mandarin, lengkeng disebut dengan "ong ya guo" atau "long yan" yang berarti mata naga. Sementara di Indonesia sendiri, buah ini popular dengan sebutan "mata kucing". Julukannya seperti itu karena buah lengkeng mirip bola mata. Daging buahnya berbentuk bulat, berwarna putih bening dan mengandung banyak air sehingga bisa dibuat jus. Di tengah daging buah terdapat biji berwarna hitam atau cokelat tua. Bentuk dan ukuran yang kecil itu ternyata tak sebanding dengan manfaat yang dibawanya.

Berikut khasiat dan manfaat buah kelengkeng :

1. Sebagai obat penenang
Fuktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan saraf. Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Tak heran, orang menyebut lengkeng sebagai salah satu obat pengusir gelisah yang alami. Jika rasa gelisah mulai mendera Anda tanpa sebab, Anda tak perlu lagi mencari obat penenang. Mengonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh.
Caranya : ambil 15 gram buah lengkeng dan 6 gram kurma cina yang diasamkan. Kukus dan berikan kepada penderita sehari 1 kali.

2. Untuk kecantikan
Buah Kelengkeng juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan dalam buah kelengkeng adalah agen antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit sobat akan senantiasa terjaga.
Mengendurkan saraf
Kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan ( fitokimia ) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat diantaranya mengendurkan saraf.

3. Sebagai obat
Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

4. Mengembalikan energi sehabis melahirkan
buah kelengkeng banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B yang berrfungsi guna meningkatkan stamia sehabis sakit atau yang baru melakukan operasi. Sedangkan untuk ibu hamil buah kelengkeng dapat memenuhi kebutuhan energi baik saat hamil maupun pasca melahirkan.


Nah, selain rasanya nikmat buah kelengkeng bisa bermanfaat sebagai obat alternatif alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, bagaimana dengan anda ?  Namun perlu diingat konsumsi buah kelengkeng secukupnya saja jika kelebihan akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi. Satu kendala yang mungkin dari sebagian masyarakat kita enggan mengkonsumsi buah kelengkeng karena terbentur pada masalah harga. Harga buah kelengkeng agak mahal ketimbang jenis buah lainya sehingga dari kondisi yang demikian buah kelengkeng sulit terjangkau untuk masyarakat ekonomi menengah kebawah apalagi ekonomi lemah.
Demikian artikel tentang khasiat dan manfaat buah kelengkeng.
*** Semoga bermanfaat ***

Artikel Terkait