Friday, June 21, 2013

Khasiat Buah Belimbing | Manfaat Buah Belimbing

buah belimbing
Belimbing ??? Tentu saja kita semua mengenal jenis buah buah yang satu ini. Belimbing enak juga lho bila dibuat untuk campuran rujak. Buah belimbing mempunyai nama latin Averrhoa Carambola dan kadang-kadang disebut juga “ star fruit “. Ini dikarenakan bentuk buah belimbing apabila dipotong secara horisontal tampak seperti bintang. Buah belimbing berasal dari India dan Srilangka. Buah ini tidak hanya dibudidayakan disekitar daerah Asia
Tenggara seperti : Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand namun buah belimbing juga dibudidayakan di wilayah negara-negara beriklim sub tropis lainnya seperti : Amerika dan Australia. Buah ini dapat berbunga sepanjang tahun dan dipanen tiga kali dalam setahun. Selain itu terdapat juga belimbing sayur atau belimbing wuluh ( Averrhoa Bilimbi ). Selain nikmat ternyata buah belimbing sangat berkhasiat apabila kita mengkonsumsinya.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat buah Belimbing;

1. Mencegah penyakit kanker

Khasiat buah belimbing sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah belimbing dipercaya dapat mengobati penyakit kanker.

2. Mengurangi kolesterol

Khasiat buah belimbing sangat baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita karena buah belimbing mengandung zat pektin, zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita.

3. Meningkatkan nafsu makan

Kandungan betakaroten buah belimbing dapat diubah jadi retinol atau vitamin A dalam tubuh membantu untuk meningkatkan nafsu makan yang kurang.

4. Mengobati hipertensi

Khasiat buah belimbing dapat mengobati hipertensi, hal ini dikarenakan buah belimbing memiliki kandungan kadar kalium yang cukup tinggi serat natrium yang cukup rendah sehingga dapat menjadi obat untuk penyakit hipertensi.

5. Mencegah diare

Kandungan serat dalam buah belimbing dapat membantu untuk menjaga kondisi sistem pencernaan perut, menghindari sakit perut seperti diare.

6. Mengobati Rematik

Belimbing wuluh dapat mengobati penyakit rematik. Caranya : tumbuk halus 5 buah belimbing wuluh, 15 buah cengkeh dan lada hitam dicampur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih kemudian gunakan untuk urut pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari.

7. Mengobati panu

Caranya: giling halus buah belimbing wuluh secukupnya, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam dan campurkan ke gilingan belimbing wuluh hingga merata. Selanjutnya gunakan ramuan tadi untuk megobati kulit berpanu 2 kali sehari.

Demikian beberapa manfaat buah belimbing, ternyata selain memiliki rasa yang unik dan harga yang terjangkau, buah belimbing memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.
*** Semoga Bermanfaat ***

Artikel Terkait