Tuesday, March 5, 2013

Manfaat Jus wortel | Khasiat Jus Wortel

jus wortel
    Jus wortel dianggap sangat bermanfaat bagi hati karena efek Vitamin A yang melakukan proses pembersihan tubuh. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di hati. Namun, untuk hati sendri untuk menuai manfaat maksimal dari vitamin A, dikatakan bahwa dengan minum jus wortel yang dilakukan secara tertatur. Hati dapat menyimpan Vitamin A dalam jangka lebih lama lagi.
Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kekeringan dan kerusakan pada kulit, kuku dan rambut. Minum jus wortel menghasilkan Vitamin A dikatakan mendapatkan keuntungan berbagai bagian tubuh. Vitamin A juga memperkuat tulang dan gigi.
   
Bagi manusia, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan menurunnya daya penglihatan, termasuk rabun senja. Untuk menghindarinya, tentu Anda harus mengonsumsi vitamin A secara teratur.

Jus wortel diperkirakan mengurangi risiko berbagai jenis kanker termasuk kulit dan kanker payudara. Para sifat melawan kanker jus wortel sering dianggap sangat baik karena jumlah tinggi beta karoten. Beta karoten perubahan Vitamin A dalam tubuh. Penelitian telah menghubungkan Vitamin A dengan pencegahan kanker dengan sifat antioksidan yang membantu menghilangkan penyebab kanker radikal bebas dalam tubuh.

Berikut Khasiat dan manfaat jus wortel
;

1. Untuk Daya penglihatan (rabun senja).
Ambil wortel secukupnya dan dicuci bersih. Setelah kulitnya dikupas, wortel bisa diparut atau diblender setelah dipotong-potong. Campurkan dengan air matang, lalu saring ke dalam gelas. Anda bisa menambahkan gula sebagai pemanis. Minumlah setiap pagi, siang, dan malam hari. Jus ini juga cocok untuk bayi dengan mencampurkan susu padanya.

2. Untuk Hipertensi atau darah tinggi.
Ambil 500 gr wortel. Wortel dicuci bersih dan dipotong-potong setelah kulitnya dikupas. Campurkan potongan itu dengan sedikit air matang, lalu diblender. Saringlah hasil blenderan itu dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini tiga kali dalam sehari.
   
3. Untuk Demam pada anak.
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut wortel tersebut setelah kulitnya dikupas, lalu campur dengan sedikit air matang dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat. Bisa ditambahkan gula sebagai pemanis.
   
4. Untuk Batuk.
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut setelah kulitnya dikupas. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Hasil saringannya bisa ditambahkan sedikit gula aren, lalu aduk sampai rata. Minum dua kali dalam sehari.

5. Untuk Nyeri haid.
Ambil 250 gr wortel dicuci bersih, lalu dipotong-potong setelah kulitnya dikupas. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Untuk Sembelit.
Ambil dua wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut setelah kulitnya dikupas. Tambahkan dua sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum sarinya dua kali sehari.
   
7. Untuk Mencegah kanker.
Kandungan beta karoten pada wortel rata-rata adalah 12.000 IU. Para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk mengonsumsinya sebanyak 15.000-25.000 IU perhari. Beta karoten dipercaya mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Beta karoten juga membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan sel pembunuh alami.
   
8. Untuk Menurunkan kolesterol darah.
Wortel juga mengandung pektin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat tingginya sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Kalium dalam wortel juga mampu membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin (racun) di dalam tubuh.
   
9. Untuk Menghaluskan wajah dan mengatasi luka bakar.
Telah disebutkan bahwa kandungan beta karoten pada wortel adalah sebagai antioksidan. Bagi kulit, antioksidan jelas mampu mengurangi efek radiasi sinar matahari.Anda bisa menghaluskan wajah dengan cara membuat masker dari parutan wortel. Beta karoten ini pula yang dapat memulihkan luka bakar pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan hasil tumbukan wortel yang sudah halus pada luka bakar tersebut.


lihat juga cara membuat jus wortel yang enak
    


Artikel Terkait

2 comments:

  1. terimakasih informasinya. jus wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan. tapi sayangnya saya kurang menyukai rasanya.

    ReplyDelete
  2. Apakah tidak Berbahaya bila mengkonsumsi jus Wortel setiap hari...?
    Jawab

    ReplyDelete