Sunday, August 4, 2013

Khasiat buah Rambutan | Manfaat buah Rambutan


buah rambutan
Rambut, rambut apa yang enak dan bisa dimakan ? benar sekali Rambutan. Buah rambutan memiliki nama latin Nephelium Lappaceum merupakan buah yang berasal dari daerah tropis seperti di Asia Tenggara. Masyarakat dikawasan Asia tenggara tentu sudah tidak asing lagi dengan buah rambutan. Hal ini wajar saja karena dikawaan Asia Tenggara merupakan tempat buah ini berasal. Di Indonesia sendiri peminat dari buah rambutan sangatlah banyak. Selain rasanya yang disukai harganyapun terbilang murah. Bisa dikatakan buah ini merupakan salah satu buah yang cukup populer dan dinanti-natikan kedatangan musim berbuahnya.
Buah yang memiliki kulit berwarna merah dan berambut ini memiliki daging buah yang lembut dengan rasa yang manis sehingga membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan untuk memakannya lagi, lagi dan lagi. Ternyata selain enak untuk dikonsumsi, buah rambutan juga memiliki khasiat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh khususnya bagi ibu yang sedang mengandung.
  • Kulit buah rambutan penangkal radikal bebas
Kulit rambutan juga memiliki senyawa organik, asam galat. Senyawa organik itu berperilaku seperti penangkal radikal bebas karena membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif dalam tubuh manusia.
  • Sumber zat besi
Buah rambutan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi wanita. Zat besi yang ada didalamnya mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh yang dapat membantu meringankan gejala pusing dan kelesuan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau amenia.
  • Menjaga kesehatan ginjal
Fosfor yang terkandung dalam buah rambutan akan membantu menghilangkan limbah yang tidak diinginkan ginjal.
  • Membantu program diet
Meski mengandung kaya fruktosa dan sukrosa, tetapi buah ini memiliki kalori lebih sedikit. Buah ini bisa dijadikan pilihan yang pas bagi mereka yang berdiet. Rambutan juga dikemas dengan vitamin C, termasuk potasium, zat besi,vitamin A, dan kalsium.
  • Mengobati diabetes
Banyak dari warga Asia Tenggara yang memanfaatkan untuk pengobatan diabetes dan hipertensi. Studi juga telah menemukan bahwa daging buah , rambutan, biji dan kulitnya mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid yang dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol.

Nah, itu tadi manfaat dari buah rambutan. Ternyata buah rambutan tidak hanya dagingnya saja yang dapat dimakan atau pun digunakan. Selamat berkreasi dengan Rambutan.

Artikel Terkait