Wednesday, August 21, 2013

Khasiat Buah Timun | Manfaat Buah Timun

buah timun
Khasiat dan manfaat timun- Siapa sih yang gak kenal dengan buah timun. Buah yang segar ini biasa dibuat lalap, acar dan salad. Buah dengan nama latin cucumis sativus ini lebih enak bila dimakan saat masih muda karena daging dan bijinya masih lembut.
Buah timun ternyata memiliki khasiat yang luar biasa baik untuk kecantikan maupununtuk kesehatan tubuh.
Berikut khasiat dan Manfaat buah timun ;

1.Mengurangi Dehidrasi.

Kandungan air yang banyak dalam buah timun dapat mencegah dan mengurangi dehidrasi.

2. Fungsi pencernaan

Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

3. sebagai obat cacing

Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai anti inflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

4. Menurunkan hipertensi

Kandungan mineral kompleks dalam mentimun seperti potassium, magnesium juga fosfor menjadikan sayuran yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

5. Menyembuhkan penyakit ginjal

Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

6. Mengatasi sakit encok dan rematik

Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

7. mengurangi pembengkakan disekitar mata

Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Potong mentimun lalu letakkan dimata maka anda akan memperoleh khasiatnya.

8. Untuk kecantikan wajah

Buah timun dapat dijadikan masker untuk wajah agar wajah tidak keriput dan nampak kencang.

Demikian khasiat dan manfaat buah timun. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang terkandung didalam buah timun.
*** Semoga Bermanfaat ***

Artikel Terkait