Friday, July 19, 2013

Khasiat dan manfaat seledri

seledri
Bagi anda yang hobi mengkonsumsi bakso atau sayur sop pasti sering menemukan sayuran pelengkap berwarna hijau dan beraroma khas yang dikenal dengan daun seledri. Seledri ( Apium Graceolens, Linn ) merupakan jenis tanaman dari keluarga Apiaceae dan dapat tumbuh dengan baik didaerah dataran tinggi dan rendah. Mungkin selama ini kita sudah sering mendengar tentang daun seledri, daunnya yang berbentuk seperti daun pepaya namun
lebih kecil dan berwarna hijau biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat kita sebagai bumbu campuran masakan untuk menambah citra rasa serta dijadikan salah satu bahan utama dari obat-obatan herbal karena diyakini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat yang terkandung dari daun seledri.

Berikut khasiat dan manfaat seledri ;

1. Mengurangi tekanan darah tinggi
Seledri mengandung bahan kimia yang dapat menurunkan kadar hormon stres dalam darah Anda. Hal ini memungkinkan untuk memperluas pembuluh darah, memberi ruang darah anda lebih, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya : Cuci 100 gr seledri seutuhnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air, lalu peras dan saring. Selanjutnya tunggu sampai mendidih. Setelah dingin, bagi untuk 2 kali minum, pagi dan siang hari. Atau cuci 16 batang seledri seutuhnya sampai bersih dan potong-potong secara kasar masukkan kedalam wadah, Tambahkan 2 gelas air bersih lalu rebus sampai airnya tersisa ¾ nya. Setelah dingin, airnya diminum dan seledrinya dimakan 2 kali sehari.

2. Menyehatkan sendi
Seledri  baik bagi orang yang menderita radang sendi, rematik dan asam urat. Anti-inflamasi pada seledri yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi. Batang seledri mengandung zat diuretik, yang membantu untuk menghilangkan kristal asam urat yang membangun di sekitar sendi.

3.Mengurangi kolesterol
Bagi pengidap kolestrol saya rasa ini kabar baik bagi anda, karena mengkonsumsi saledri setiap hari dapat mengurangi kolestrol menyumbat arteri.

4. Mencegah kanker
Seledri mengandung vitamin C, B1, B2, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan coumarins yang dipercaya bisa untuk mencegah kanker. Suatu komponen kimia dalam minyak esensial yang berasal dari biji seledri menunjukkan sifat anti kanker.

5. Melumpuhkan kuman dimulut
Seledri mentah dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Kandungan seratnya juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga dapat menyegarkan aroma mulut.

6. Sebagai penyubur rambut
Caranya : Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk halus. Setelah dikeramas, gosokan tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebh 1 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

7. Mengobati mata kering
Makan daun seledri sebagai lalapan segar bersama-sama dengan makan nasi. Lakukan tiap hari. Cuci daun seledri, daun bayam dan daun kelor (Moringan oleifera lamk.) masing-masing 1/3 genggam sampai bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok tea dan 3/4 cangkir air masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan saring. Minum air perasannya sekaligus, lakukan 3 kali sehari.

Namun demikian, seledri berpotensi menimbulkan alergi pada sejumlah orang yang peka. Oleh karenanya, penderita radang ginjal tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Sekian beberapa manfaat dari daun seledri. Silahkan berbagi dengan yang lain.
*** Selamat mencoba***

Artikel Terkait