Sunday, September 22, 2013

Manfaat dan Khasiat Jeruk nipis


jeruk nipis
Buah jeruk untuk menghaluskan kulit, benarkah ? jeruk nipis sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam. Jeruk masuk kedalam suku rutaceae (suku jeruk-jerukan). Tanaman ini diperkirakan berasal dari asia timur dan asia tenggara. Pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal buah jeruk nipis sebagai salah satu bahan dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan, penyegar, minuman, membersihkan karat pada logam, bahan pembuat asam sitrat, dan juga sebagai bahan campuran jamu.

Jeruk nipis juga dikenal akrab oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai campuran yang ampuh untuk menghilangkan bau amis pada peralatan bekas ikan atau daging. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya jeruk nipis kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh kita ? 


Berikut khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan kita ;

1. Mencegah sariawan

Buah jeruk memiliki rasa manis dan sedikit asam yang menjadi ciri khas dari buah yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk selain berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat mencegah sariawan.

2. Menurunkan kolesterol

Dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis secara rutin dan takaran yang pas dapat menjauhkan anda dari resiko peningkatan kolesterol.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamn C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

4. Mengobati batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Menghambat Penuaan

Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit anda.Jika ingin awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat memastikan anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

6. Meningkatkan kinerja pencernaan

Mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan pada segelas air hangat akan memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga membantu anda tetap sehat dan aktif.

7. Mengatasi jerawat, kulit kusam dan menghaluskan kulit

Jerawat timbul karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, kandungan air dalam buah jeruk nipis dapat mengobati jerawat dengan zat anti bakteri yang ada di dalamnya. Noda hitam yang ada di wajah anda juga dapat disamarkan dengan masker jeruk nipis.

8. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kecantikan wajah anda memang sudah terbukti dan tidak mengandung efek samping. Anda akan melihat perubahan kulit wajah yang terlihat lebih kencang, halus dan cerah dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Artikel Terkait